Lagu Black Pearl Jam : Merasakan Remuknya Hati Lewat Puisi Urban Yang Melodis

Makna Lagu Nirvana - Sliver
Makna lagu black pearl jam


Sejak dimulai dari intro, makna lagu black pearl jam sudah menciptakan teater of mind tersendiri. Suara rhythm gitar yang dimainin Stone Gossard, terdengar nyaring mengambang di kejauhan. 

Seolah membawa kita pada malam di mana bintang bertaburan. Berada di savana luas. Merebahkan badan di atas hamparan rerumputan. Terdiam, larut dalam kekalutan. Samar-samar, ingatan mengenali sebuah bayang. Bayang yang jamak disebut sebagai kenangan. 

Kesan ini makin diperkuat dengan ringkihan vokal Eddie Vedder yang sedu dan muram. Menimpali bunyi sound gitar yang magis itu, sesaat kemudian. Gelap dan dalam. Kesedihan nampaknya kental betul terasa di lagu ini. Lagu yang sarat emosional. Sentimentil. 

Atmosfer Kesedihan Black Pearl Jam

Makna lagu black pearl jam merupakan lagu Ballads dari unit alternative rock asal Amerika, Pearl Jam. Lagu ini diciptakan Eddie Vedder (vokalis) ketika ia mengalami problem manusia dewasa, putus cinta. Saya pikir, perasaan Mas Vedder benar-benar remuk sewaktu patah hati itu terjadi. Karena kalau tidak, mana bisa ia bikin lagu yang rohnya kuat sekali. 

Memang, energi dari cinta yang paling besar itu bukan bahagianya. Tetapi sedihnya.

Iya, tentu sewaktu Mas Vedder patah hati, itu dianggap olehnya sebagai tragedi. Namun, jauh hari setelahnya, Eddie Vedder mampu mengurai kacaunya dan mengolah sedihnya sedemikian rupa. Menjadi musik yang cantik, dengan lirik yang puitik

Lagu Black, jauh dari kesan klise dan menye-menye seperti kebanyakan lagu yang mengambil tema serupa. Ia elegan dan pantas disematkan padanya, "One of the most beautiful urban Poetries". 

Nggak percaya? Terus baca artikel ini sampai beres.

Makna Lagu Black Pearl Jam

Makna Lagu Pearl Jam Black
Pearl Jam

Kendala ketika saya coba mengulik makna lagu black pearl jam, jelas, dari segi bahasa. Lagunya berbahasa Inggris. Dan saya, cuma ngerti bahasa Inggris sebatas Yes, No dan Fakyu. Tapi ya selama Mbah Google belum batuk-batuk, pintu segala solusi masih memungkinkan diketuk.

Cuma sialnya, keturunannya Mbah Google ini, yakni Translate, itu kayak Maba yang kena sindrom Culture Shock. Itu, yang baru sedikit mencicipi teori njelimet, langsung buru-buru aktualisasi, padahal nggak paham-paham banget. Ya kayak saya ini contohnya.

Iya, iya. Saya tidak menyalahkan Mbah Google. Terjemahan dari Google itu nggak salah. Sama sekali nggak salah. Cuma ya, tetap saja. Nggak enak dibaca. Hingga akhirnya, sebisa mungkin saya otak-atik terjemahannya. Juga cari referensi lain yang sekiranya menambah pemahaman saya soal arti dari lirik per liriknya. 

Tentu saja, besar kemungkinan makna lagu black pearl jam yang saya tuliskan di sini, itu tidak sama persis seperti yang dimaksud empu lagunya. Dengan begitu, sedikit banyak kekeliruan tulisan, harap dikasih permakluman. 

Baiklah, tak perlu panjang-panjang seremonial. Mari meluncur ke bait lirik yang tersaji di bawah ini.

Arti Lagu Black Pearl Jam

Makna Lagu Pearl Jam Black
Pearl Jam

Saya akan coba mengupas makna lagu black pearl jam dengan menelaah tiap baris di liriknya yang kaya akan hiperbola. Ulasan selengkapnya, silakan langsung dibaca saja

Lirik Lagu Black Pearl Jam


// Sheets of empty canvas, untouched sheets of clay
Were laid spread out before me as her body once did //

Di lagu Black, Eddie Vedder banyak sekali memakai hiperbola untuk mendeskripsikan isi perasaannya. Bait awalan saja, sudah membikin kepala saya memunculkan frame demi frame peristiwa. Secara serampangan, kurang lebih begini terjemahannya :

"Lembar kanvas kosong. Lempung tak tersentuh. Kedua benda yang tergeletak begitu saja, di hadapanku. Seperti dirinya, kala itu". Eddie Vedder nampaknya sedang mengenang sosok perempuannya. 

Kanvas kosong, berarti tidak dikreasikan menjadi lukisan. Yang mana maksudnya, perempuan itu tidak lagi mewarnai hari-harinya frontman Pearl Jam ini. 

Sedang lempung (tanah liat) tak tersentuh, berarti tidak dibentuk atau dicetak menjadi genteng (atap rumah). Maknanya, mungkin nggak jadi tinggal satu atap dengan perempuannya. 

Ini cuma mungkin, ya. 

Tapi, memangnya di Amerika sana atap rumahnya pake genteng, ya? Genteng merk Super Sokka Masinal, misal. 

Lirik Lagu Pearl Jam Black


// All five horizons revolved around her soul,
as the earth to the sun //

Jika bait sebelumnya lebih ke arah mengenang sosok dia. Makna lagu black pearl jam di bait ini, Eddie Vedder memberi gambaran betapa cantiknya dia. Ia mendeskripsikan sosoknya dengan begitu indah. Tak tanggung, ia umpamakan ada lima cakrawala keindahan yang mengitari perempuannya.

Kata Eddie Vedder, "Selayaknya bumi mengorbit mentari". Bumi tanpa disinari matahari, gelap. Sama seperti kehidupan Eddie ketika ditinggalkan sosok perempuan yang cantiknya tiada lawan. Hidupnya Mas Eddie hampa tanpa dirinya. Mungkin itulah sebab lagu ini berjudul 'Black'. 

Pearl Jam Black Lirik


// Now the air I tasted and breathed,
has taken a turn, ooh //

Kehampaan yang dia rasakan, diperjelas lewat bait ini. Sederhananya, sang vokalis ingin bilang, "Ya, bagiku dia sangat berarti. Sekarang, tanpa dirinya, hidupku tiada begitu berarti lagi". 

Kemudian Eddie menerangkan gimana hubungan yang terjalin antara dia dan mantan pacarnya. Sepertinya, hubungan ini bersifat simbiosis mutualisme. Saling mengasihi, saling menyayangi. Begitu sekiranya.

// And all I taught her was everything
Ooh, I know she gave me all that she wore //

Setelah bait makna lagu black pearl jam di atas, ada bagian reff yang nanti bakalan diulang dua kali. Karena pengulangan, saya letakan di belakang sajalah. Kita lompat ke chorus kedua.

Lirik Pearl Jam Black


// I take a walk outside, I'm surrounded by some kids at play
I can feel their laughter, so why do I sear //

Seperti tadi dijelaskan, hidupnya Eddie hampa tanpa ada sosok dia di sisinya. Dan Mas Eddie perlu mengatasi kehampaan tersebut. Biar nggak berlarut-larut. Perasaan hampa itu perlu dialihkan.

Dan upaya pengalihan itu, dilakukan Eddie dengan jalan-jalan keluar menghirup udara segar. Ya barangkali, dengan begitu kesedihan bisa diuraikan. Lalu musnah dan menghilang. Barangkali.

Ketika menapaki aspal jalanan, Mas Eddie berpapasan dengan kerumunan anak kecil yang lagi main-main. Mereka, anak kecil itu, terlihat begitu bahagia dengan tawa polosnya. 

Kebahagiaan bocah-bocah itu terpancar keluar dan ikut menjalar ke perasaan Eddie yang terdalam. Di titik itu, vokalis Pearl Jam membatin, "So why do I sear?". Kontemplasi, men.

Dia nggak mau dijajah kesedihannya sendiri. Tapi, biar sejernih apapun pikiran, kalau perasaan sedang nggak karuan, pikiran ya kewalahan. 

// Oh and twisted thoughts that spin 'round my head
I'm spinning, oh I'm spinning, 
how quick the sun can drop away //

Kekalutan, lagi-lagi selimuti perasaan. Naik ke pikiran, seakan-akan mengepruk keras tempurung kepalanya. Makanya dia dua kali menegaskan, "Im Spinning". 

Spaneng, basa Jawanya. Ya mungkin kalau Eddie Vedder orang Jawa, dia bakal menggerutu begini : Ndue Ndas Mumeti. Ra Ndue Ndas, medeni.

Setelah menggerutu sebab kepalanya terasa mau meledak, dalam makna lagu black pearl jam ini, ia kemudian mencoba bersikap pasrah. Terlihat dalam kalimatnya, "Haha, betapa keceriaan ini begitu cepat terbenam". Kesadaran spiritual, men.

Black Pearl Jam Lirik


// And now my bitter hands chafe beneath the clouds (Reff #1) //
// And now my bitter hands cradle broken glass (Reff #2) //
---
// Of what was everything
Oh, the pictures have all been washed in black
Tattooed everything //
---

Ini reff dari makna lagu black pearl jam yang tadi saya bilang diulang dua kali. Sedikit ada perbedaan antara reff pertama dan kedua. 

Dia jengkel mendapati dirinya yang menyedihkan. Dirinya seakan terhimpit oleh kabut yang menyesakkan dada. Juga, ia serupa pecahan kaca, berantakan berkeping-keping. 

Perasaan yang sedemikian kacau, tiada lain disebabkan kisah kasihnya telah kesiram tinta hitam. Warna-warni kebahagiaan, lenyap oleh gelap kesedihan.

Lirik Black Pearl Jam


// All the love gone bad turned my world to black
Tattooed all I see, all that I am, all I'll be yeah //

Cinta yang berujung nestapa, membikin dirinya saat ini, juga bayang akan masa depan, kelihatan suram. Gelap total. Mungkin, jika mau disederhakan, pada titik ini Mas Eddie kehilangan gairah menjalani hidupnya. Kemudian, bait : Uh huh, uh huh, oh. Kayaknya, khusus ini nggak perlu diartikan, sat.

Black Lirik Pearl Jam


// I know someday you'll have a beautiful life
I know you'll be a star in somebody else's sky, but why
Why, why can't it be, oh can't it be mine? //

Nah, ini. lirik makna lagu black pearl jam paling berdarah-darah, menurutku. Sedikit penyangkalan, kemarahan yang coba diredam, serta kepasrahan yang, nggak bener-bener sepenuhnya pasrah.

"Iya, saya tahu kamu bakal punya kehidupan yang indah di masa depan. Tahu juga saya, kamu bakal jadi bintang di langit milik seseorang. Tapi kenapa? Kenapa? Kenapa nggak bisa jadi milikku? Nggak bisa jadi milikku?"

Satu sisi, Eddie Vedder sadar kalau hubungannya dengan si perempuan sudah berakhir. Sisi lain, Eddie masih menyangkal kenapa perpisahan ini bisa terjadi. Nggak bisa nerima sepenuhnya dia.

Kalau meninjau teori stages of grief-nya Kübler-Ross, lirik makna lagu black pearl jam di atas adalah manifestasi atau cerminan dari fase bargaining atau pleading. 

Semacam tawar menawar -entah- dengan tuhan atau alam atau waktu, berharap dapat terhindarkan dari duka yang sedang dirasakan, juga, rasanya cuma kepengin menjalani hidup seperti sebelum tragedi itu terjadi.

Saya pikir, tiga kata 'why' tersebut merupakan satu bentuk penegasan. Penegasan yang diperhalus pakai pertanyaan, biar nggak terkesan memaksakan kehendak.

Padahal, maksud dari kata 'why' tersebut adalah : seharusnya kamu tetap jadi milikku. Bukan yang lain!

Seluk Beluk Lagu Black - Pearl Jam

Makna Lagu Pearl Jam Black
Eddie Vedder

Makna lagu black pearl jam ini judul awalnya sebetulnya E-Ballad. Itu semacam demo instrumental yang dibikin oleh Stone Gossard circa 1990. Gossard merekam sekitar lima demo musik intrumental yang dia sebarin dengan tujuan untuk cari kandidat terbaik sebagai vokalis dan drummer-nya Pearl Jam.

Singkat cerita, demo rekaman itu sampai di tangan Mas Vedder. Beliau katanya sebelum jadi vokalis Pearl Jam, Vedder bekerja sebagai petugas pom pensin yang selalu bilang 'mulai dari nol' di pertamina cabang San Diego.

Vedder lalu coba merekam suara dan menimpalinya ke demo tersebut. Hanya tiga dari lima lagu tersebut yang Vedder kasih suaranya, lagu Alive, Once dan Footsteps. Setelahnya kaset itu dibalikin lagi ke Gosard di Seattle sana.

Gossard dan punggawa Pearl Jam lain memutuskan untuk kopdar dengan Vedder setelah sreg mendengarkan suara khasnya beliau.

1.255,1 mil ia tempuh dari San Diego menyambangi kota Seattle dan selama perjalanan itu, Vedder nulis lirik untuk demo instrumental E-Ballads tersebut, yang dia beri judul dengan nama Black.

Ya sudah, skip proses demi proses yang saya nggak tahu menau detailnya, singkatnya, Black direkam untuk album Ten, debut Pearl Jam. Mereka rekaman di London Bridge Studio dan diproduseri oleh Rick Parashar. 

Kemudian babak akhiran lagu Black di mix di Ridge Farm Studio, di distrik Surrey, Inggris sana.

Agaknya, makna lagu black pearl jam yang kutulis di atas nggak terlalu ngawur dan cukup berdasar. Sebab Vedder sendiri mengakuinya dalam dokumenter Pearl Jam Twenty, kalau ini lagu itu ngomongin soal cinta pertamanya.

Lebih lanjut, katanya, "Lagu black itu tentang melepaskan." Vedder kemudian mengatakan kalau dia pernah dengar sejenis quotes yang bilang, "Kamu tidak akan benar-benar memiliki cinta sejati kecuali itu adalah cinta yang tak terbalas."

Fun Fact Lagu Black Pearl Jam


Bagiku sendiri, lagu Black merupakan lagu patah hati yang sangar. Sedih, tapi nggak cengeng. 

Cuma, sangat disayangkan kesedihan di lagu ini jadi sedikit kedistraksi. Sebab, tiap kali dengar 'why', saya selalu teringat nada why burung elang yang ikonik dari Coki-Muslim. Nuansa sedihnya makna lagu black pearl jam jadi berkurang. Sialan.

Ada sedikit fun fact menyangkut lagu Black ini. Tahun 1992, Pearl Jam tampil di MTV Unplungged. Ketika lagu Black dibawakan, Eddie Vedder nambahin lirik di akhiran, "We belong together...together!"

Setelahnya, lirik tambahan tersebut selalu disertakan tiap Pearl Jam membawakan lagu Black di panggung lain. Kemudian lirik tersebut pada akhirnya diganti : We didn't belong together...together!

Digantinya lirik tersebut menandakan Eddie Vedder sudah punya istri dan dia takut sama istrinya sudah melupakan serta beneran merelakan mantan terindahnya. 

Sekian.

Posting Komentar

2 Komentar